
PERPUSTAKAAN STPN
Pengarang | EVI KANTI MULYAWATI |
Penerbit | BPN RI STPN |
Tempat Terbit | Jogjakarta |
Tahun Terbit | 2000 |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Kolasi | xv, 66 hlm.: ilus.; 29 cm |
Subjek | |
Media | Skripsi |
Abstrak | |
Sejarah laju pembangunan, meningkat pula kesadaran masyarakat J mengenai arti penting status hukum atas tanah yang mereka kuasai. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya jumlah permohonan yang masuk ke Kantor Pertanahan, khusunya Kantor Pertanahan Kota Magelang. Kantor Pertanahan Kota Magelang, dengan luas wiiayah pelayanan yang hanya meliputi dua Kecamatan dan didukung usaha peningkatan pendidikan sebagian karyawannya dengan menempuh kuliah di luar jam kerja, memungkinkan teriaksananya penerapan fungsi manajemen dengan baik, sehingga efektivitas pelayanan sesuai harapan masyarakat akan terwujud. Peneiitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan masing-masing variabel { kualifikasi karyawan (X1), penerapan fungsi manajemen (X2)} terhadap variabel efektivitas pelayanan (Y) di Kantor Pertanahan Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survai, dengan teknik analisis kualitatif. Dan teknik analisis kuantitatif yang meliputi: korelasi product moment, korelasi regresi berganda, analisis residual, sehingga dapat diketahui hubungan antar variabel secara jelas dan pasti. Berdasar hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh koefisien korelasi r x1- x2 sebesar 0,756, r x, - y sebesar 0,600, dan r x2 - y sebesar 0,622 ; (jika dilihat dalam tabel r product moment dengan n = 48 taraf signifikan 1% = 0,368, berarti koefisien korelasi tersebut > dari taraf signifikan 1%, maka terbukti adanya hubungan antar variabel ). Selanjutnya Ffeg = 36,20 : jika dilihat daftar distribusi F dengan derajat kebebasan (db) 2 lawan 45 pada harga F tabel 1 % berkisar antara 5,12 sampai dengan 5,10, maka terbukti juga adanya pengaruh secara kolektif antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Sedang analisis residual senilai 36 %. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun pengkajian efektivitas pelayanan hanya ditinjau dari dua variabel, yaitu variabel kualifikasi karyawan dan variabel penerapan fungsi manajemen. tetapi kedua variabel tersebut balk secara sendiri-sendiri atau kolektif mempunyai hubungan atau pengaruh yang sangat signifikan dan bersifat positif. Kecuali dua variabel sebagaimana telah disebutkan, ternyata ada beberapa faktor�faktor lain yang berdasar pengamatan turut mempengaruhi terwujudnya efektivitas pelayenan di Kantor Pertanahan Kota Magelang, faktor-faktor tersebut antara lain: jumlah karyawan, penguasaan teknologi, lingkungan kerja dan faktor- faktor lain selain yang dikemukakan di atas. |
Nomor Rak | 600 - P | ||||||
Nomor Panggil | 650 Kan P | ||||||
Lokasi | Ruang Referensi | ||||||
Eksemplar | 1 | ||||||
![]() Pencarian koleksi menggunakan RFID akan membantu mempercepat menemukan koleksi di rak buku. Gunakan fitur ini jika mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi di rak buku. Untuk menggunakan fitur ini silahkan klik salah satu Tombol Pesan diatas kemudian hubungi Petugas Pelayanan Sirkulasi dengan menyebutkan Judul Bukunya. |