
PERPUSTAKAAN STPN
Pengarang | Jihan Amirah Ayuni |
Penerbit | Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN STPN |
Tempat Terbit | Yogyakarta |
Tahun Terbit | 2024 |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Kolasi | xiii, 62 hlm. ; ilus. ; 30 cm |
Subjek | Pelayanan publik,inovasi,reformasi birokrasi,Rabu LARISIndeks Kepuasan Masyarakat,IKM |
Media | Skripsi |
Abstrak | |
Pelayanan publik yang efektif dan efisien adalah kunci dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Reformasi birokrasi di bidang pelayanan pertanahan menjadi fokus utama dalam meningkatkan kualitas layanan, termasuk di Kantor Pertanahan Kabupaten Gowa melalui program Rabu LARIS, yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pelayanan dengan konsep layanan satu hari selesai. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui besar rata-rata pelayanan Rabu LARIS dan besar kontribusi Rabu LARIS dalam percepatan pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kabupaten Gowa (b) Untuk mengetahui bagaimana Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Rabu LARIS pada Kantor Pertanahan Kabupaten Gowa (c) Untuk mengetahui dampak pelaksanaan pelayanan Rabu LARIS pada Kantor Pertanahan Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan strategi The Sequential mixed methods. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan 40 responden pengguna layanan Rabu LARIS. Teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan, dokumentasi, dan kuesioner berbasis skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata capaian pelayanan Rabu LARIS sebesar 18,83 pelayanan/bulan pada Tahun 2022 dan 18,16 pelayanan/bulan pada Tahun 2023, dan program ini memberikan kontribusi sebesar 1,23% dalam percepatan pelayanan pertanahan, dengan dominasi pelayanan Roya Konvensional. Indikator Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa persyaratan, mekanisme, prosedur, dan waktu penyelesaian dalam program Rabu LARIS sangat sesuai dan mudah, dengan nilai IKM yang tinggi. Program ini berdampak positif dalam mempercepat pelayanan dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan pertanahan, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam aspek teknologi dan sosialisasi. |
Nomor Rak | 350 - E | ||||||
Nomor Panggil | 350.598.477.3 Jih E | ||||||
Lokasi | Ruang Referensi | ||||||
Eksemplar | 1 | ||||||
![]() Pencarian koleksi menggunakan RFID akan membantu mempercepat menemukan koleksi di rak buku. Gunakan fitur ini jika mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi di rak buku. Untuk menggunakan fitur ini silahkan klik salah satu Tombol Pesan diatas kemudian hubungi Petugas Pelayanan Sirkulasi dengan menyebutkan Judul Bukunya. |