
PERPUSTAKAAN STPN
Pengarang | ANNISA SYIFA MAULIDA MUMTAZA |
Penerbit | Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN STPN |
Tempat Terbit | Yogyakarta |
Tahun Terbit | 2023 |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Kolasi | xv, 80 hlm. ; ilus. ; 30 cm |
Subjek | Pelayanan Publik,Akses Reforma Agraria,good governance |
Media | Skripsi |
Abstrak | |
Program Penanganan Akses Reforma Agraria (ARA) Kota Salatiga tahun 2022 yang dilaksanakan terhadap 200 KK di RW 05 Kelurahan Keeandran merupakan salah satu bentuk pelayanan publik/masyarakat di bidang pertanahan berbasis pemanfaatan tanah. Dalam menyelenggarakan pelayanan masyarakat. penyedia layanan perlu menerapkan asas-asas pelayanan publik yang baik sehingga good governance atau kepemerintahan yang baik dapat terwujud. Good governance ialah kepemerintahan yang berusaha menerapkan dan mengembangkan prinsip- prinsip profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, demokrasi, efiniensi dan efektivitas, dan supremasi hukum. Perwujudan prinsip-prinsip tersebut dapat dilihat dalam pelaksanaan pemberian layanan kepada publik/masyarakat oleh aparatur pemerintah. Kantor Pertanahan Kota Salatiga sebagai penyelenggara, menjalin kerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian sebagai instansi mitra yang memberikan pendampingan kepada masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui unsur- unsur pelayanan publik dalam pelaksanaan Penanganan ARA di Kelurahan Kecandran, serta perwujudan prinsip-prinsip good governance dan asas-asas pelayanan publik yang baik oleh Kantor Pertanahan Kota Salatiga dan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Hasil menunjukkan bahwa unsur-unsur pelayanan publik yang meliputi: jenis layanan, penyedia layanan; penerima layanan; dan kepuasan masyarakat sudah terpenuhi dengan baik. Sedangkan implementasi prinsip-prinsip good governance oleh Kantor Pertanahan Kota Salatiga dan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga dapat ditandai dari pelaksanaan setiap tahap kegiatan mulai dari penentuan lokasi hingga penyusunan data penerima akses. |
Nomor Rak | 340 - P | ||||||
Nomor Panggil | 346.598.265.3 Ann P | ||||||
Lokasi | Ruang Referensi | ||||||
Eksemplar | 1 | ||||||
![]() Pencarian koleksi menggunakan RFID akan membantu mempercepat menemukan koleksi di rak buku. Gunakan fitur ini jika mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi di rak buku. Untuk menggunakan fitur ini silahkan klik salah satu Tombol Pesan diatas kemudian hubungi Petugas Pelayanan Sirkulasi dengan menyebutkan Judul Bukunya. |