
PERPUSTAKAAN STPN
Pengarang | Prof. Dr. ida Putrayasa, M.Pd;Dr. Dewa Putu Ramendra, S.Pd., M.Pd. |
Penerbit | PT. Refika Aditama |
Tempat Terbit | Bandung |
Tahun Terbit | 2022 |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-6232-76-7 |
Kolasi | viii, 95 hlm. ; ilus. ; 25 cm |
Subjek | Sintaksis |
Media | Buku |
Abstrak | |
Kajian tentang karangan siswa kelas V SD tahun pertama penting dilakukan dalam rangka mengetahui jenis kateet, satin kalimat, dan struktur kalimat bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada karangan siswa dalam ranah mah ngkungan sekolah yang ada di Provinsi Ball. Dengan adanya kajian ini, diharapkan jenis kalimat, kesatuan kalimat dan struktur kalimat bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter mempunyai manfaat dan tujuan yang lebih efektif dalam tataran prakti Adapun untuk tataran teoretis dapat memperkaya kajian di bidang lingustik pada umumnya dan sintaksis pada khususnya Tujuan penelitian tahun pertama adalah untuk mendeskripsikan jenis kalimat, kesatuan kalimat, dan struktur kalimat bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada karangan siswa kelas IV SO di Provinsi Bali Selanjutnya, pada tahun Kedua, penelitian ini bertujuan untuk menyusun buku ajar berdasarkan kajian teori sintaksis (kalimat) tahun pertama Sumber data yang dijadikan subjek dalam penelitian ini adalah karangan siswa kelas IV SD di Provinsi Bali Sementara itu, objek penelitian Ini adalah jenis kalimat, kesatuan kalimat dan struktur kalimat bermustan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada karangan siswa kelas IVSD dl Provinsi Bali Target hasil penelitian ini adalah deskripsi dan gambaran lengkap berkaitan dengan jenis kalimat, kesatuan kalimat, dan struktur kalimat bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada karangan siswa kelas IV 50 di Provinsi Bali Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat terpublikasi di jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi buku ajar tats kalimat bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter (tahun kedua), makalah yang dipresentasikan di tingkat nasional atau internasional, dan hak kekayaan intelektual (HO) sebagai luaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kalimat yang terdapat pada karangan siswa kelas IV SD di Provinsi Bali dapat dibagi berdasarkan jumlah klausanya (terdapat 804 kalimat tunggal dan 494 kalimat majemuk) dan struktur internal lausa utamanya (terdapat 1.209 kalimat lengkap dan 89 kalimat tidak lengkap). Selain itu, kesatuan kalimat yang ditunjukkan oleh adanya Subjek (5) dan Predikat (P) (1.209 kalimat dikategorikan jelas kesatuan gagasannya), tanpa adanya 5 dan P (hanya berupa keterangan berjumlah 33 kalimat), tanpa 5 atau hanya mengandung P (31 kallmat), dan tanpa P atau hanya mengandung 5 (25 kalimat) Terakhir, struktur kalimat, baik yang tunggal maupun majemuk, yang terdapat pada karangan siswa kelas V SD di Provinsi Bali cukup variatit Sementara itu, hasil kajian yang menyangkut nita-nilai pendidikan karakter dalam karangan siswa kelas V SD di Provinsi Bali meliputi religius, jujur, kerja keras, gemar membaca, pedull lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab Berdasarkan hasil yang diperoleh, disarankan kepada siswa agar selalu memperhatikan jenis, kesatuan, dan struktur kalimat yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dalam menulis karangan demi efektivitas dan terpeliharanya gagasan yang disampaikan |
Nomor Rak | 490 - T | ||||||
Nomor Panggil | 499.221.5 Ida T | ||||||
Lokasi | Ruang Baca | ||||||
Eksemplar | 1 | ||||||
![]() Pencarian koleksi menggunakan RFID akan membantu mempercepat menemukan koleksi di rak buku. Gunakan fitur ini jika mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi di rak buku. Untuk menggunakan fitur ini silahkan klik salah satu Tombol Pesan diatas kemudian hubungi Petugas Pelayanan Sirkulasi dengan menyebutkan Judul Bukunya. |