
PERPUSTAKAAN STPN
Pengarang | Muhamad Sulhan;Lidwina Mutia Sadasri |
Penerbit | Gadjah Mada University Press |
Tempat Terbit | Yogyakarta |
Tahun Terbit | 2021 |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | 978-623-359-006-8 |
Kolasi | xiv, 212 hlm. ; ilus. ; 23 cm |
Subjek | Komunikasi Kontemporer |
Media | Buku |
Abstrak | |
Perkembangan ilmu komunikasi di era disrupsi melaju dengan cepat. Dua alasan yang mendasari pesatnya perkembangan disiplin tersebut adalah posisi disiplin ilmu komunikasi yang bergerak sejajar dengan beragam kepentingan manusia, dan komunikasi sejak awal berada di pusaran tiga elemen utama interaksi manusia, yakni kreator pesan, pesan, serta kompleksitas sosok penerima sekaligus sebagai pengolah pesan itu kembali. Pemilihan kata 'jagat' pada judul buku ini menandai esensinya sebagai semesta. Ruang imajinasi tanpa batas. Bentuk nyatanya kita temui bersama sebagai dunia maya. Lebih spesifik apapun yang dilingkupi teknologi digital atau internet of things, yang menjadi benang merah dalam kumpulan tulisan yang terhimpun dalam buku ini. Sedangkan titik tekan kata "komunikasi kontemporer" ditunjukkan melalui empat kajian yang tersaji, antara lain jurnalisme, public relations, periklanan, dan media entertainment. Konteks tulisan mengacu pada situasi dan kondisi terkini, dilengkapi dengan realitas, perspektif, serta riset. Buku ini memberikan uraian tentang aspek fundamental keniscayaan teknologi dalam bentuk media digital sebagai wujud konkret era teknologi. Empat belas (14) bab tulisan yang tersaji memberikan paparan, ringkasan, dan jawaban atas beragam masalah dan orientasi disiplin ilmu komunikasi, baik dalam konteks Indonesia, maupun kancah dunia. Seluruh tulisan dilatarbelakangi kepentingan Departemen Ilmu Komunikasi UGM sebagai bagian dari institusi pendidikan. Sebuah entitas profesional yang tak hanya secara resmi mengajarkan disiplin ilmu komunikasi, tetapi juga menunjukkan sikap dan hipotesis untuk menjawab dinamika dan problematika komunikasi yang muncul. Secara spesifik, tulisan pada bagian jurnalisme memetakan fakta sampai idealisme nilai. Sedangkan pada aspek public relations, tulisan berisi tentang perspektif praktis dan kajian akademik. Dalam bagian periklanan, tulisan mengarah pada peta permodelan menuju asas kebergunaan. Terakhir, media entertainment menyajikan fakta kajian yang awalnya dipandang sebelah mata menjadi hal yang luar biasa. |
Nomor Rak | 300 - J | ||||||||||||||||||
Nomor Panggil | 302.2 Muh J | ||||||||||||||||||
Lokasi | Ruang Baca | ||||||||||||||||||
Eksemplar | 5 | ||||||||||||||||||
![]() Pencarian koleksi menggunakan RFID akan membantu mempercepat menemukan koleksi di rak buku. Gunakan fitur ini jika mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi di rak buku. Untuk menggunakan fitur ini silahkan klik salah satu Tombol Pesan diatas kemudian hubungi Petugas Pelayanan Sirkulasi dengan menyebutkan Judul Bukunya. |