
PERPUSTAKAAN STPN
Pengarang | Joni Emirzon, SH, M.Hum |
Penerbit | PT. Gramedia Pustaka Ut |
Tempat Terbit | Jakarta |
Tahun Terbit | 2000 |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Kolasi | viii, 176 hlm.: 21 cm |
Subjek | Aspek,Aspek Hukum |
Media | Buku |
Abstrak | |
Usaha jasa penilai, sesuai dengan fungsi dan kedudukannya, dapat dimintakan bantuannya untuk memberikan estimasi yang obyektif tentang nilai suatu aktiva berwujud maupun tidak berwujud. Jika demikian, akan ada suatu perjanjian penilaian antara perusahaan penilai dan perusahaan atau intansi yang minta dinilai. Hasil pekerjaan penilai berupa laporan hasil penilaian dari perusahaan penilai yang bermanfaat pula bagi pihak pihak lain yang berkepentingan sesuai dengan tujuan penilaian terhadap aktiva dimaksud. Pada hakikatnya, usaha jasa penilai adalah badan usaha yang berpredikat sebagai lembaga kepercayaan yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang mengadakan transaksi perdagangan, apalagi dalam kondisi krisis moneter dan perekonomian saat ini dimana banyak perusahaan yang bermasalah bahkan pailit perlu dinilai asetnya. Selama ini jasa perusahaan penilai belum dimanfaatkan secara maksimal oleh berbagai kalangan, terutama kalangan perbankan, dan banyak pihak menempatkan laporan hasil penilaian sebagai pelengkap saja, agar proposal itu tampak layak dan professional. Persoalanya, sampai sekarang tidak ada peraturan yang mensyarakan laporan penilaian yang dibuat oleh penilai yang bergabung dalam, suatu badan usaha independent diluar pengembang perbankan, dan badan usaha lainya. Oleh karena itu dalam praktek saat ini perusahaan jasa penilai sebagai jasa penilai sebagai lembaga yang dipercaya untuk mengadakan penilaian atas nilai riil dari kekayaan atau harta benda untuk berbagai keperluan transaksi perdagangan, juga menghadapi berbagai permasalahan, baik yang berdimensi ekonomi maupun hukum. Sesuai judulnya buku ini membahas perusahaan Jasa Penilai dalam kaitanya dalam aspek-aspek hukum yang melandasi sepak terjangnya untuk menghasilkan penilaian yang berintegritas obyektif, independent dan berlandaskan kode etik penilaian dan standar penilaian Indonesia (SPI). Melalui buku ini para pembaca akan mendapatkan pemahaman yang utuh bagaimana mendirikan dan menjalankan Perusahaan Jasa Penilai yang andal.. Bagaimana menjadi seorang penilai yang berwawasan hukum sehingga penilaian yang dihasilkan mencerminkan fakta syah sebenarnya. Buku ini bermanfaat bagi mereka yang bergelut dalam jasa penilaian bagi penilai, atau calon penilai mahasiswa hukum, pengguna jasa atau siapa saja yang berminat mengetahui seluk beluk penilaian. |
Nomor Rak | 340 - A | |||||||||||||||||||||||||||
Nomor Panggil | 346 Emi a | |||||||||||||||||||||||||||
Lokasi | Ruang Baca | |||||||||||||||||||||||||||
Eksemplar | 8 | |||||||||||||||||||||||||||
![]() Pencarian koleksi menggunakan RFID akan membantu mempercepat menemukan koleksi di rak buku. Gunakan fitur ini jika mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi di rak buku. Untuk menggunakan fitur ini silahkan klik salah satu Tombol Pesan diatas kemudian hubungi Petugas Pelayanan Sirkulasi dengan menyebutkan Judul Bukunya. |