
PERPUSTAKAAN STPN
Pengarang | SELAMAT |
Penerbit | STPN |
Tempat Terbit | Yogyakarta |
Tahun Terbit | 2000 |
Bahasa | Indonesia |
ISBN/ISSN | - |
Kolasi | xiv, 52 hlm.: ilus.; 29 cm |
Subjek | |
Media | Skripsi |
Abstrak | |
Banyaknya keluhan masyarakat terhadap kinerja Kantor Pertanahan yang terke.san lambat, berbelit-belit, nialial, dan lain-lainya menimbulkan kesan dan persepsi yang berinacain-niacam dari masayarakat yang ingin lnendaflarkan tanahnya Kondisi seperti ini juga berdampak pads kinerja PPAT di daerahnya yang berperan menunjang proses pengurusan pendaftaran tanah pada Kantor Pertanahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat kecarnatan Gombong terhadap kinerja. PPAT di daerahnya dan untuk lnengetalu l faktor-faktor yang nlenipengaruhl masyarakat mempercayakan pengurusan pendaftaran tanahnya melalui PPAT. Dari uraian di alas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul "PERSEPSI MASYARAK&T TERHADAP IUNIWA PPAT DALAM M NUNJANG PROSES PE SDAFTARAN TAN4H DI KECA1'vL4TAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMFT' PROVIINSI JAWA TFNGAH ". Metode yang digunakan adalah nietode penelitian survai, dengan teknik pengambilan samplingnya adalah simple random sampling. Sampel yang dianlbil sebanyak 30 responden. Lokasi penelitian di Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Ikut serta dalain penelitiari ini adalah adanya instrumen penelitian berupa kuesioner, wawancara, dan informasi-inforniasi yang lnendukung yang nantinya berfwigsi untuk membahas dan menganalisis pelmasalahan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan antara lain bahwa persepsi masyarakat Kecamatan Gombong terhadap kinerja PPAT dalarn nlenunjang proses pendaftaran tanahnya sudah baik dan faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat mempercayakan pengurusan pendaffaran tanahnya melalui PPAT karena masyarakat belum pernah lama sekali datang ke kantor pertanahan, masyarakat ada yang belum memahami proses pendaftaran tanah di kantor pertanahan, masyarakat merasa tidak cukup waktu, masyarakat tidak mau repot, dan masyarakat tidak ingin terjerat calo. Adapun saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini antara lain; agar PPAT lebih meningkalkan kinerjanya dalarn rangka menunjang kegiatan pendaftaran tanah, diharapkan agar PPAT bisa memberikan anggapan yang benar kepada. masyarakat dalarn mengtuus proses pendaftaran tanahnya, dan hendaknya. Kantor Pertanahan lebih meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat agar tidak menimbulkan anggapan bahwa proses pendaftaran tanah itu sulit, berbelit dan mahal. |
Nomor Rak | 330 - P | |||||||||
Nomor Panggil | 333 Sel P | |||||||||
Lokasi | Ruang Referensi | |||||||||
Eksemplar | 2 | |||||||||
![]() Pencarian koleksi menggunakan RFID akan membantu mempercepat menemukan koleksi di rak buku. Gunakan fitur ini jika mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi di rak buku. Untuk menggunakan fitur ini silahkan klik salah satu Tombol Pesan diatas kemudian hubungi Petugas Pelayanan Sirkulasi dengan menyebutkan Judul Bukunya. |